Mendengarkan by Arya Vandana

Mendengar merupakan salah satu contoh berdana karcna kita akan mengorbankan waktu dan pikiran kita untuk hal yang akan didengar. Mendengarkan memerlukan Metta, Karuna, Mudita, dan Upekkha:

I. Metta Pada dasarnya apa sih Metta itu?

Metta merupakan perasaan cinta kasih sifat yang dapat menghaluskan hati seseorang, atau rasa persahabatan sejati. Metta dirumuskan sebagai keinginan akan kebahagiaan semua makhluk tanpa terkecuali. Contohnya seperti kita mendengarkan keluh kesalnya para teman sekitar kita

2. Karuna Pada dasarnya apa sih Karuna ?
Karuna merupakan perasaan belas kasihan, kasih sayang, dan suka memaafkan. Contohnya sabar dan mau berkorban untuk mendengarkan kesedihan ataupun kebencian dari orang tersebut. Setclah mendengarkan kita juga harus memberikan solusi yang baik & sesuai dhamma, sehingga membantu mereka agar tidak mengambil kcputusan yang salah.

3. Mudita Pada dasarnya apa sih Mudita ?
Mudita adalah perasaan senang. Contohnya seperti turut bahagia ketika orang yang bercerita ketika ia sedang sukses atau bahagia, dan mendukung tanpa ada rasa iri dan dengki seperti ketika seorang menceritakan keberhasilan dia.

4. Upekkha Pada dasarnya apa sih Upekkha ?
Upekkha adalah perasaan tenang, seimbang dan berpikiran setara pada semua makhluk hidup. Contohnya pada saat orang menceritakan kebencian, kebencian tersebut jangan sampai mempengaruhi kita, hingga kita membenci orang atau kondisi dari pennasalahan tersebut.

Dhamma is vmy simple. Sehingga kita harus mempraktikkannya. Salah satu praktik termudahnya adalah mendengarkan.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt